Self DiagnoseD ?

Self diagnose atau menentukan jenis penyakit dari gejala-gejalanya dengan dilakukan secara sendiri ialah suatu hal yang sering dilakukan seseorang dalam mencari kebenaran yang di rasakan. Hal ini bisa melalui informasi yang di dapat melalu teman, internet, atau bahkan berdasarkan sumber yang tidak dapat di percaya keabsahannya. Contoh teman yang memberikan gejala atau kondisi yang sama kepada kita, lalu kita membandingkan gejala tersebut dan kita merasa sama, lalu kita melabel atau mendiagnosis diri kita memiliki penyakit yang sama dengan teman tersebut. Hal ini tentu menjadi permasalahan jika penangan yang diberikan salah atau tidak tepat, dan bahkan dapat memperparah kondisi seseorang.

Apakah Bahaya SELF DIAGNOSED ?

Tentu hal ini bahaya. Semakin sering anda melakukan self diagnosis maka akan semakin lama permasalahan anda menemukan solusi jalan keluarnya. Mengapa demikian ? meski seseorang memiliki gejala yang sama dengan orang lain, namun belum tentu hal tersebut juga sesuai dengan anda, karena tingkat gejala atau penyakit seseorang itu berbeda dan tidak bisa di pukul sama ratakan. Jika anda mengalami gejala atau permasalahan yang dirasakan dan anda tidak yakin dengan sebab nya, sebaiknya anda datang ke tenaga profesional yang memang ahli di bidangnya.

Dalam menentukan diagnosa, tenaga ahli yang profesional tidak akan dengan mudah langsung menentukan anda memiliki penyakit atau mudah menentukan permasalahan anda. Tenaga yang profesional akan menentukan dari gejala yang anda rasakan mulai dari awal hingga yang anda rasakan sekarang. Hal ini tidak semudah yang diinternet katakan atau tidak semudah dengan informasi dari teman yang anda dapatkan. Kemudian dampak pada saat anda melakukan self diagnosed, anda juga bisa mengalami ketidak netralan atau anda menjadi bias, hal ini akan membuat anda semakin bingung pada akhirnya.

Alasan lainnya kenapa anda harus datang kepada tenaga profesional untuk mendapatkan diagnosis yang jelas karena dalam menentukan suatu penyakit tentu harus memiliki ilmu atau pengetahuan yang dalam. Karena suatu gejala atau penyakit memiliki tingkat yang berbeda-beda dan dapat berubah-ubah. contoh ilustrasinya seperti gambar di bawah ini :

Screen Shot 2020-10-09 at 14.55.22

Dari gambar di atas bisa dilihat bahwa setiap permasalahan atau kondisi seseorang memiliki level yang berbeda dan tentu berbeda pula penanganan yang di berikan.

Apakah hanya itu bahayanya ?

Tidak, masih ada dampak yang ada rasakan jika melakukan self diagnosed, yaitu yang paling parah anda bisa saja SALAH DIAGNOSED. Hal ini tentu berbahaya jika sampai terjadi, karena yang seharusnya anda tidak memiliki penyakit atau memiliki penyakit yang ringan tetapi yang terjadi anda menganggap memiliki sakit yang serius, dan sebaliknya saat anda memiliki penyakit yang serius, penyakit tersebut malah tidak akan terdeteksi dan tentu akan memperparah sakit atau permasalahan yang anda rasakan

“Hal yang baik yang anda lakukan hari ini mungkin saja akan dilupakan besok. Sekalipun begitu berbuat baiklah apapun yang terjadi. “

Bunda Theresa
Apa yang harus dilakukan ?

Anda masih boleh untuk mencari informasi yang anda rasakan di internet atau di berbagai media yang tersedia, namun hal tersebut hanya sebagai informasi atau membuat anda menjadi lebih sadar pada diri bahwa ada sesuatu yang terjadi. Dengan menyadari sesuatu yang terjadi pada diri anda di harapkan untuk tetap tidak menilai diri anda terkena suatu penyakit atau ciri- ciri gejala sakit tertentu. Bijak lah dalam menilai diri anda. Kemudian kunjungilah tenaga profesional agar sakit yang anda rasakan atau permasalahan yang ada dapat diselesaikan dengan baik.

Semoga Bapak, Ibu, Orang tua, Teman-teman sekalian dapat memahami dengan baik penjelasan diatas. Namun jika masih memiliki pertanyaan yang terkait dapat melakukan contact me atau menggunakan fitur komentar di bawah.

Terima Kasih

Iklan