Polemik LGBT yang pernah terjadi di Indonesia

Dahulu pernah terjadi polemik pendapat yang di kemukakan oleh DS bahwa LGBT merupakan gangguan yang di sebabkan oleh masa lalu seseorang, dan hal tersebut dapat disembuhkan dengan hypnotherapi. Sebelumnya DS merupakan seorang yang memiliki gelar Doktor Psikologi namun mengaku dirinya psikolog dan memiliki license untuk praktek dan ternyata hal tersebut tidak ada.

Diluar dari permasalahan tersebut, pembahasan kali ini mengenai pendapatnya mengenai LGBT yang ditentang oleh salah seorang influencer bahwa LGBT bisa di sebabkan oleh masa lalu seseorang dan bisa di sembuhkan.

Sebelumnya kita akan membahas sedikit mengenai Lesbi Gay Biseksual dan Transgender (LGBT). Terlepas dari konteks Agama, hal ini khususnya di Indonesia merupakan hal yang bertentangan dengan adat dan kebudyaan yang di percaya oleh masyarakat, sehingga seorang LGBT akan sulit ketika hendak menjalin hubungan di Indonesia terutama dalam mengakui status hubungan seperti pernikahan atau menjalin hubungan keluarga sehingga banyak LGBT di Indonesia jika hendak menikah akan keluar negeri. 

Tetapi di masa sekarang sudah banyak di temukan bahwa seorang LGBT sudah mulai berani menunjukan identitas diri mereka ke publik dan mengakui keberadaannya. LGBT dalam DSM IV (Diagnostic and statistical manual of mental disorder 4th) dianggap merupakan suatu gangguan yang di derita seorang individu, namun mengikuti perkembangan jaman yang ada, dalam pembaharuan DSM V (Diagnostic and statistical manual of mental disorder 5th) LGBT sudah tidak di anggap gangguan, namun di anggap sebagai salah satu bentuk orientasi seskual seseorang. dan apakah bisa di sebabkan oleh masa lalu ? Tentu bisa, gangguan masa sekarang, sebagian besar di sebabkan oleh masa lalu. termasuk penyimpangan orientasi seksual pada seseorang. 

Jika perkakas yang kamu punya hanyalah sebuah palu, kamu cenderung melihat kalau setiap masalah adalah paku.

Abraham Maslow

Seseorang yang mengalami LGBT bisa mengalami banyak penyebab dan kejadian yang telah di alami, bisa seperti pelecehan seksual di masa anak-anak, remaja atau pun bisa mengalami keretakan rumah tangga, melihat ibu nya di perlakukan tidak baik, kekerasan dalam rumah tangga sehingga membenci sosok Ayah/ Ibu. Hal ini bisa menjadi pemicu seseorang untuk tidak ingin menjalin hubungan dengan lawan jenis. Faktor lainnya bisa seperti pasangan yang berselingkuh, sering merasa sakit hati, dan sebagainya. Bahkan bisa di sebabkan pola asuh orang tua, seperti orang tua yang memperlakukan anak nya tidak sesperti gendernya misalnya anak laki-laki diberikan perlakuan seperti anak perempuan, di berikan baju, sepatu, warna, dan aksesoris model perempuan, begitu juga sebaliknya.

Dari sekian banyak contoh yang saya berikan, apakah bisa di berikan treatmen hypnoterapi kepada seorang individu yang mengalami LGBT ?  Tentu bisa, jika hal ini di sebabkan oleh masa lalu sesorang bisa di berikan treatmen, namun jika karena kelainan kromosom / faktor medis, tentu hal ini berbeda ya. Hal lain yang perlu di perhatikan dalam prorses pemberian treatmen tentunya harus ada niat seorang individu tersebut yang ingin berubah, ada kesadaran, keinginan, dan tanpa adanya paksaan dari lingkungan ataupun seorang terapis.

Bagaimana bisa hypnoterapi dapat memberikan efek pada seseorang LGBT ? 

Hypnoterapi merupakan suatu metode yang membawa anda ke dalam pikiran bawah sadar. Dalam pikiran bawah sadar banyak hal yang anda simpan pada saat seseorang di masa anak-anak yang mengalami kekerasan seksual, KDRT, dan contoh lain yang saya berikan di atas. Dengan demikian kejadian yang pernah dialami tersebut di munculkan kembali, dan melepaskan emosi yang terkandung dalam kejadian tersebut hingga menjadi netral, setelah itu diisi dan di gantikan dengan emosi yang positif. Caranya tidak se sederhana dan semudah yang saya tulis, namun membutuhkan sesi dan waktu yang cukup untuk seseorang yang mengalami luka yang cukup dalam dan lama.

Photo by Jeswin Thomas on Pexels.com

Sehingga hal ini memungkinkan bahwa hypnoterapi dapat membantu individu yang mengalami gangguan orientasi seksual, gangguan psikologis, dalam proses medis, untuk motivasi, dan berbagai manfaat dalam banyak bidang lainnya.

Sekian untuk pembahasan kali ini, semoga dapat memberikan pengetahuan yang baru bagi anda yang membaca. Bagikan hal baru yang anda baca kepada teman, atau saudara anda. Jika ada hal yang ingin anda tanyakan silahkan mengisi bagian komentar atau mengunjungi bagian contact me.

Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

<span>%d</span> blogger menyukai ini: