Apakah Penting Mencintai Diri Sendiri?

Mencintai diri sendiri atau istilah yang sering di dengar yaitu self love, merupakan suatu bentuk kepedulian, perhatian seseorang pada dirinya. bentuk kepedulian dapat bermacam-macam seperti merawat diri, menerima diri apa adanya, mengakui kesalahan yang dimiliki, hingga memaafkan diri sendiri.

Tentu hal ini merupakan hal yang penting, karena sebagian orang masih belum bisa untuk menerima kondisi dan keadaan dirinya, belum bisa mengakui kesalahan, dan belum bisa memaafkan dirinya saat melakukan kesalahan hingga memiliki perasaan bersalah yang besar. Mencintai diri sendiri merupakan hal yang wajar dan tidak egois, namun jika terjadi secara berlebihan maka tentu akan menjadi gangguan pada seseorang seperti gangguan narsistik.

seseorang yang belum mencintai diri biasanya akan lebih menyalahkan diri sendiri terhadap permasalahan dan kegagalan yang sedang terjadi, pola hidup yang tidak sehat seperti tidak menjaga kesehatan, memiliki pemikiran pesimis dan tidak yakin pada dirinya hingga akan lebih mudah terkena gangguan psikologis seperti depresi. Dengan mencintai diri sendiri tentu akan mendapatkan keuntungan.

Keuntungan apa yang bisa di dapat ketika kita berhasil mencintai diri sendiri ?

  1. Seseorang akan menjadi lebih banyak bersyukur, akan lebih menikmati hidup dan menjadi lebih bahagia.
  2. Seseorang akan mengetahui kekurangan dan kelebihan yang dimiliki sehingga ia mampu mengetahui tujuan dan arah hidupnya
  3. Memiliki pemikiran yang positif, hal ini dikarenakan seseorang yang mencintai diri sendiri akan jauh lebih menerima diri nya, sehingga berbagai hal permasalahan yang di hadapi akan di pandang dari sudut yang berbeda dari sebagian orang
  4. Seseorang yang lebih mencintai diri akan terhindar dari beberapa gangguan klinis seperti cemas, depresi, hingga stres, karena seseorang yang mencintai diri nya tidak akan melakukan self judgement.
  5. Hidup akan menjadi lebih sehat, karena mencintai diri sendiri bukan hanya terjadi pada psikis seseorang namun akan terdampak pada kehidupan kesehatan seseorang seperti pola makan yang berubah menjadi sehat, olahraga, dan sebagainya
  6. Akan menjadi lebih menerima diri apa adanya, seseorang akan tidak merasa terbebani karena sudah mengetahui kemampuan yang dimiliki. 

Mencintai diri sendiri bukan lah hal mudah, karena di beberapa kondisi, seseorang akan menghakimi diri nya sendiri. Seseorang juga lebih sering membandingkan diri nya dengan orang lain, hingga tidak adanya rasa syukur yang telah dilakukan pencapaian oleh diri sendiri. Rasa kurang seseorang akan meninggalkan jauh perasaan self love dalam diri seseorang.

“Cinta itu seperti angin. Kau tak dapat melihatnya, tapi kau dapat merasakannya.” 

Nicholas Sparks.

Bagaimana tips agar berhasil mencintai diri sendiri ?

Pertama, tentu dimulai dengan mengkonsumsi makanan yang sehat, berilah tubuh terlebih dahulu yang sehat sehingga akan memberikan dampak pada kesehatan mental anda.

Kedua, jauhi lingkungan yang mempengaruhi mu menjadi lebih buruk, dan yang hanya membuat diri menjadi bukan diri anda. Lakukan sebaliknya, dekatilah orang-orang yang memiliki pemikiran positif.

Ketiga, Kenali diri anda terlebih dahulu, cari tau mengenai diri anda, kekurangan, kelebihan, apa yang membuat anda cemas, kekhawatiran anda, lingkungan anda, dan semua tentang diri anda, dengan demikian maka akan lebih mudah untuk penerimaan diri

Keempat, Hilangkan pikiran negatif dalam diri anda, pikiran negatif bisa termasuk keraguan dalam diri, tidak percaya diri, hingga banyaknya pikiran dalam diri yang meminta kesempurnaan dalam melakukan sesuatu. Ubah lah mulai dari hal yang paling kecil yaitu dengan memandang sesuatu permasalahan dari sudut positif. Maka anda akan lebih mensyukuri lagi apa yang terjadi pada diri anda.

Kelima, Memaafkan kesalahan pada diri, hal ini sulit untuk dilakukan, namun sangat bermanfaat pada diri. Memaafkan kesalahan bisa terjadi karena permasalahan masalalu, kesalahan yang diperbuat, kegagalan, dan sebagainya. Hal ini sering terjadi pada inter personal seseorang, dapat terjadi di waktu kecil, remaja hingga dewasa. 

Ketika anda berhasil mencintai diri anda, maka akan terjadi perubahan yang besar pada diri anda. Semoga cara di atas dapat membantu anda dalam mencintai diri sendiri. Berikanlah cinta pada diri anda sebelum memberikannya pada orang lain. 

Semoga tulisan ini dapat membantu, dan bagikanlah kepada teman atau orang yang membutuhkan. Namun jika terdapat bagian yang tidak mengerti dapat menanyakan pada kolom komentar atau menghubungi melalui contact me.

Terima Kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: