Post Traumatic Stress Disorder

Post traumatic stress disorder atau PTSD memiliki arti gangguan psikologis yang di sebabkan oleh kejadian atau suatu peristiwa yang tidak menyenangkan yang di alami oleh penderita dan membuat penderita menjadi traumatis. Banyak kejadian yang tidak menyenangkan menjadikan seseorang mengalami PTSD, seperti bencana alam, musibah, pencurian, kerusuhan, pelecehan seksual hingga kejadian-kejadian yang mengandung unsut emosi negatif di dalamnya.

Setelah kejadian traumatis tersebut, penderita PTSD akan mengalami kesulitan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bermimpi buruk, khawatir, gelisah, cemas, sampai penderita benar-benar dapat mengendalikan pikiran dan perasaannya agar dapat menerima kembali kejadian yang pernah dialaminya. Dalam proses penyembuhan hingga penerimaan diri, hal ini dilakukan upaya tidak sebentar atau hanya sekejap, butuh proses dalam pemulihan/ mental healing, dan selama itu juga penderita akan merasakan dampak dari PTSD tersebut.

Kejadian yang di alami seseorang memiliki rentang waktu yang berbeda sebelum menjadi PTSD. Bisa satu minggu, satu bulan, atau satu tahun kemudian. Hal ini tergantung dari dampak yang di terima dari si penderita. hingga efek yang di rasakan bisa hilang dalam waktu yang lama, namun jika dalam kurun waktu kurang lebih 1 bulan sudah hilang, penderita dapat di katakan mengalami gangguan stress akut.

Berdasarkan Diagnostic and Statistical Manual four text revision (DSM-IV TR), pada gangguan PTSD memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Pernah mengalami kecelakaan atau pernah terancam mati, mengalami cedera atau kekerasan seksual, baik secara langsung atau pernah menyaksikan
  2. Mengalami gejala  di bawah ini lebih dari satu bulan :
  • Mengalami mimpi buruk, kilas balik, ketakutan akan terjadi lagi.
  • Melakukan penghindaran seperti menutup diri, tidak ingin berbagi permaslahan tentang masalah tersebut
  • Mengalami dua atau lebih gejala ini : phobia, khawatir, depresi, menyalahkan diri sendiri
  • Mengalami sulit tidur, agresif atau suka marah-marah, sensitif, dan merasa tegang.

Jika dari anda memiliki ciri dari gejala yang muncul seperti yang telah saya katakan di atas, di harapkan untuk segera mengunjungi tenaga ahli yang profesional, agar permasalahan anda dapat segera di atasi. Terutama jika anda sampai ingin melukai diri sendiri atau orang terdekat, hal ini patut di waspadai. Cara tepat yang dapat di berikan pada penderita PTSD yaitu dengan beberapa hal, seperti :

  1. Pemberian obat-obatan, obat yang dimaksudkan yaitu untuk mengurangi dampak dari PTSD seperti kecemasan, depresi hingga gangguan sulit tidur yang di berikan oleh tenaga profesional. contoh obat seperti paroksetin.
  2. Melakukan Konseling, cara ini dapat membantu seseorang membuka dirinya agar dapat menerima kejadian yang pernah di alami,
  3. CBT (Cognitive Behavior Therapy), seseorang yang mengalami PTSD memiliki pemikiran negatif, perasaan, kekhawatiran yang membuat seseorang cemas dan sebagainya, sehingga CBT dapat membantu mengubah pola pikir yang ada pada penderita.
  4. Hypnotherapi, pemberian hypno juga merupakan hal yang efektif, dalam hypno dapat membantu penderita pasien mengeluarkan emosi-emosi negatif yang terdapat dalam alam bawah sadarnya.
  5. Melakukan Teknik Relaksasi, relaksasi yang di maksud dapat berupa relaksasi pernafasan, hingga pikiran

“Ketika Anda benar, Anda tidak perlu marah. Ketika Anda salah, Anda tidak punya hak untuk marah.”

Mahatma Gandhi

Dalam membantu proses penyembuhan, Akitifitas juga dapat di berikan beberapa hal kepada penderita PTSD, seperti :

  1. Melakukan kegiatan yang di senangi, misal seperti mengambar, menulis dan sebagainya,
  2. Melakukan kegiatan berolahraga dan pola hidup sehat,
  3. Dukungan sosial dari lingkungan sekitar seperti menghabiskan waktu dengan keluarga dan orang spesial, hal ini sangat membantu penderita PTSD
  4. Melakukan kegiatan positif lainnya.

Sekian pembahasan mengenai PTSD (post traumatic stress disorder), semoga mendapatkan hal baru dari tulisan saya ini. Jika ada hal yang ingin ditanyakan silahkan menuju kolom komentar di bawah atau mengunjungi bagian contact me.

Terima kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: