Bipolar Disorder

Pembahasan mengenai bipolar sudah sangat umum bagi awam, Gangguan bipolar juga sudah sangat sering didengar oleh teman-teman semua ya, namun banyak sekali saya melihat orang yang baru sedikit merasa sedih atau bersemangat dan orang yang baru sedih tiba-tiba tertawa langsung menganggap dirinya bipolar, atau langsung memberikan label bahwa dirinya atau orang lain bipolar. Untuk itu disini saya akan memberikan penjelasan mengenai bipolar agar teman-teman semua dapat menempatkan lagi istilah bipolar dengan baik.

Bipolar memiliki dua fase kondisi, yaitu bipolar dengan fase manik dan bipolar dengan fase depresi. Dua hal tersebut dilihat dari riwayat dan diagnosis orang yang mengalami, baru dapat dikategorikan bipolar tipe apa. Berbicara mengenai bipolar yaitu memiliki arti kondisi seseorang yang mengalami perubahan suasana hati atau mood swing dengan  ekstream. Contohnya pada saat orang merasa sangat bahagia dan tiba-tiba sedih, mengurung diri, dan lainnya. Sehingga ketika anda merasa perubahan suasana hati yang esktream sudah dapat di waspadai, namun dapat diperhatikan penyebab dari gejala yang akan kita bahas berikutnya.

Iklan

Bipolar fase manik, Bipolar tipe ini merupakan fase dimana seseorang mengalami  peningkatan emosi, memiliki perasaan tenaga atau energi yang meluap-luap sehingga merasa bersemangat. Contohnya yaitu seperti tidak tidur dalam mengerjakan sesuatu, atau orang gangguan ini lebih sering mengatakan tidak sadar atau terlalu bersemangat sampai tidak ingat waktu. Fase ini membuat orang yang mengalami gangguan merasa tidak lelah, dan membuat orang merasa mendapatkan banyak ide-ide yang bermunculan.

Kemudian Bipolar fase depresif, pada tipe ini merupakan fase dimana seseorang mengalami banyak merasa emosi negatif yang dirasa seperti depresi, lemas tidak bertenaga, rasa sedih, tidak ada nafsu makan dan sebagainya. Bahkan ada kondisi dimana seseorang memiliki pemikiran putus asa hingga perasaan ingin bunuh diri. Hal ini yang perlu di waspadai terhadap orang yang mengalami bipolar. 

Untuk informasi tambahan, bipolar juga bisa mengalami fase depresif dan manik secara bersamaan, atau bisa dikatakan bipolar tipe campuran.

“Hidup tidak akan berharga jika tidak bermanfaat untuk orang lain.”

Bunda Teresa

Gangguan bipolar dapat terjadi pada rentan usia remaja hingga dewasa akhir. Bipolar juga dapat menganggu pada laki-laki dan perempuan, sehingga gangguan ini tidak dapat di pandang sebelah mata. Gangguan bipolar pada umumnya disebabkan oleh beberapa faktor yaitu : 

  1. faktor genetik, faktor ini bisa di pengaruhi oleh adanya riwayat gangguan bipolar pada orang tua, saudara, ataupun keluarga dekat lainnya.
  2. faktor riwayat penggunaan kecanduan zat psikotropika dan minuman ber alkohol
  3. faktor traumutik, terdapat kejadian atau kenangan yang tidak menyenangkan juga mempengaruhi seseorang mengalami gangguan bipolar
  4. faktor stress atau tekanan yang besar, hal ini bisa dari lingkungan, sosial, ataupun kehidupan pekerjaan

Untuk penanganan pada gangguan bipolar ini dapat berupa penggunaan obat-obatan hingga dengan pemberian terapi psikologis. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi munculnya fase-fase pada bipolar, dan dalam membantu orang gangguan bipolar agar menjadi lebih baik maka terdapat satu komunitas yang besar di indonesia yaitu Bipolar Care Indonesia (BCI), komunitas ini mempunyai social support yang tinggi dalam merangkul sesama penderita gangguan bipolar.

Semoga tulisan saya ini dapat dimengerti dengan baik, dan diharapkan dapat memberikan pengetahuan yang baru bagi anda. Namun jika tidapat bagian yang tidak di pahami dapat mengunjungi kalimat komentar dibawah atau dengan mengunjungi bagian contact me.

Terima Kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: