Anoreksia dan Bulmia Nervosa

Gangguan yang akan dibahas kali ini merupakan gangguan yang menyangkut dengan makan. Anoreksia Nervosa dan Bulmia Nervosa merupakan gangguan makan karena ketakutan pada perubahan bentuk badan atau citra diri, yang membedakan yaitu anoreksia dilakukan dengan batasan-batasan, dan pada bulmia dengan paksaan atau obat pencahar, dan tentu saja pasti ada dampak yang terjadi pada tubuh bagi orang yang mengalami gangguan makan. Untuk lebih lengkapnya akan dibahas pada pembahasan di bawah.

Iklan

Anoreksia Nervosa

Anoreksia merupakan ketakutan yang di sebabkan oleh perasaan menjaga citra diri atau bentuk badan yang ideal bagi seseorang, atau bahkan yang menjaga bentuk badan agar terlihat kurus. Hal ini dilakukan secara berlebihan hingga sampai menahan rasa lapar. Gangguan ini umum nya terjadi 10 sampai 20 kali lebih sering pada perempuan di bandingkan laki-laki. Usia terjadinya gangguan makan ini lebih sering terjadi pada masa remaja. Dimana seorang remaja yang sudah mengalami pubertas akan menjaga bentuk badan agar lebih terlihat menarik bahkan untuk menarik lawan jenisnya. Kondisi gangguan makan ini juga lebih sering terjadi pada orang yang berada pada strata sosial atas, dan tentu hal ini untuk menjaga penampilan mereka agar lebih menarik, dan untuk contoh profesi tertentu biasanya terdapat pada profesi yang memerlukan kekurusan seperti model, penari balet, dan bahkan pramugari/ra.

Disisi lain, usia seseorang mengalami anoreksia nervosa tidak hanya terjadi pada saat remaja namun dapat terjadi hingga usia 30 tahun. Dan gejala anoreksia dapat dilihat dari usia sebelum 10 tahun yaitu dengan ciri-ciri  pemilih makanan dan sering memiliki masalah pada pencernaan. Biasanya perliaku orang gangguan anoreksia nervosa yaitu berperilaku menghilangkan berat badannya secara diam-diam, atau tanpa diketahui orang lain. orang dengan gangguan anoreksia akan menolak makan bersama keluarga, atau banyak orang yang berada di tempat umum, karena mereka akan menyimpan makanan yang ada di piring. Mereka akan menyimpan di saku, kantong jaket, atau kantong celana. Hal ini lah yang membuat orang yang mengalami anoreksia akan menggunakan pakaian yang lebar dan banyak kantong. Mereka memasukan pada kantong bukan untuk disimpan dan dimakan dikemudian waktu, tapi untuk tidak di makan. Dan hal ini terjadi secara terus menerus, serta mereka akan menyangkal jika orang melihat hal ini terleihat menyimpang atau aneh.

Penderita anoreksia nervosa juga akan menurunkan berat badan dengan olahraga secara berlebihan. Seperti bersepeda, jogging dan lari secara berlebihan

Gangguan apa yang terjadi pada orang yang mengalami anoreksi ?

Akibat dari gangguan makan yang diderita seseorang maka akan ada dampak laiinya yang dirasakan, apakah bisa ? tentu bisa, karena kurangnya asupan nutrisi, gizi dan kebutuhan vitamin pada tubuh yang tidak di dapatkan, selain itu orang yang mengalami anoreksi nervosa akan mengalami perilaku Obsesif kompulsif, depresi hingga mengalami kecemasan. Kemudian pada seksual juga akan mempengaruhi, misalnya seperti penurunan minat untuk orang dewasa, dan untuk remaja akan mengalami keterambatan perkembangan seksual psikososial.

Dampak pada medis pada gangguan anoreksia nervosa yaitu seperti :

  1. Hilangnya masa otot dan sulit mempertahankan suhu temperatur tubuh
  2. Hilangnya otot jantung, atau jantung kecil
  3. Nyeri pada lambung
  4. Hormon yang rendah (FSH)
  5. Gangguan pada rasa kecap
  6. Osteoporosis
  7. Gigi yang mudah korosi atau kropos

“Cinta yang kuat tidak menghitung. Cinta hanya memberi dengan cuma-cuma”

Bunda Teresa

Bulmia Nervosa

Bulmia merupakan gangguan makan dengan istilah pesta makan atau bisa dikatakan makan dengan porsi yang banyak atau jenis makanan yang banyak. Nafsu makan yang tinggi membuat penderita gangguan bulmia tidak dapat mengendalikan perasaan rasa ingin makannya. Namun yang terjadi para penderita bulmia akan merasa menyesal karena telah makan banyak, dan akhirnya mengeluarkan makanan yang telah di makan sebelumnya. Mereka akan mengeluarkan makanan bisa dengan cara di paksa atau dengan secara alami.  Secara alami mereka sudah dapat mengendalikan tengorokan mereka untuk membuat perasaan mual hingga akhirnya muntah, dan untuk secara paksa gangguan bulmia akan menekan bagian dalam tengorokan mereka dengan jari, atau menggunakan obat pencahar atau obat pencuci perut hingga akhirnya makanan yang baru di terima oleh tubuh akan langsung keluar.

Bulmia nervosa memiliki kesamaan pada rentang terjadinya gangguan ini, yaitu di masa remaja dan lebih sering terjadi pada perempuan di bandingkan laki-laki. Dari kasus anoreksia nervosa, 1 sampai 3 orang pasien mengalami gangguan bulmia nervosa.

Efek medis yang akan di terima oleh gangguan Bulmia Nervosa yaitu :

  1. Terjadinya bipokalemia akibat muntah atau penyelgunaan obat laksatif.
  2. tengorokan yang dipaksa atau ditekan akan membuat radang tengorokan
  3. Muntah yang berkali-kali akan dapat menyebabkan robekan pada lambung dan esofagus 

Kemudian, bulmia nervosa juga lebih sering terjadi pada orang dengan gangguan mood atau pengendalian impuls yang tinggi seperti gangguan kecemasan, gangguan bipolar tipe I dan gangguan disosiatif.

Pada gangguan Anoreksia dan Bulmia memiliki kesamaan pada gangguan makan, memiliki keinginan untuk menjaga citra tubuh atau bentuk tubuh sehingga melakukan cara untuk tidak makan hingga mengeluarkan isi makanan yang ada di tubuh. Sehingga tentu cara dalam penyembuhannya dengan mengetahui riwayat kehidupannya dan mengubah kognitifnya sehingga membutuhkan tenaga ahli atau profesional di bidangnya.

Sekian dari saya, jika ada hal yang ingin di tanyakan saya persilahkan untuk mengunjungi kolom komentar atau dengan menghubungi saya pada bagian contact me.

Terima Kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: