Introversion atau Ekstroversion

Pembahasan kali ini akan menjelaskan perbedaan dari ciri kepribadian seseorang. Banyak diantara kita menilai bahwa seseorang yang di anggap humble/ mudah bergaul memiliki ciri kepribadian yang ekstrovert dan orang yang selalu menulis atau menggambar memiliki ciri introvert. Namun hal tersebut belum tentu kebenarannya, orang yang senang menulis atau menggambar bisa saja hanya hobi atau kegemarannya, sedangkan orang yang humbel/ mudah bergaul bisa saja didikan dari rumah atau lingkungan dirumah mengajarkan seperti itu. 

Seseorang seharusnya tidak dapat menglabel atau menjudge bahwa dia seorang intovert atau ekstrovert karena hal ini bersifat taraf ukuran yang berbeda-beda setiap individu atau orang. Seseorang hanya bisa di katakan memiliki kecendrungan atau memiliki ciri kepribadian. Seperti ilustrasi yang saya buat dibawah ini :

ilustrasi di samping menunjukan taraf atau tingkatan seseorang bisa di katakan memiliki ke cendrungan introvert, dan bukan introvert murni.

ilustrasi di samping ini merupakan taraf atau tingkatan seseorang dapat dikatakan cenderung ekstrovert dan bukan ekstrovert murni. Mengapa demikian ?

Hal ini dikarenakan tidak ada orang yang memiliki introvert murni atau ekstrovert murni. ciri kepribadian merupakan sebuah kontinum yang memiliki garis panjang yang setiap individu berbeda tingkatannya. sehingga tidak akan cocok jika ada pilihan “anda tipe introvert atau tipe ekstrovert”. Hal ini lah yang menjadikan setiap orang unik dengan ciri kepribadian yang berbeda-beda setiap individunya.

Lalu, Apakah itu Introversion/ Introvert?

Introvert pada umumnya dikenal dengan pendiam atau penyendiri, hal tersebut benar namun hanya sebagian besar atau hanya sebagian elemen yang ada di dalam introvert. Introvert dapat dikatakan seseorang yang lebih menyukai ketenangan, tidak menyukai keramaian dan banyak orang. Introvert lebih merasa aman, tentram, pada saat sendiri, dengan demikian orang introvert mengumpulkan energi positif dari dalam dirinya, dan jika di keramaian maka energinya akan terkuras dan akan kembali mencari tempat ter amannya.

“Tebarkanlah cinta kemanapun engkau pergi. Jangan ada seorang pun yang datang menemuimu tanpa menjadi lebih bahagia ketika meninggalkanmu.”

Bunda Theresa

Dan bagaimana dengan Ekstroversion/ ekstrovert ?

Ekstrovert merupakan kebalikan dari orang introvert. Orang yang cenderung ekstrovert akan lebih senang mengekspresikan dirinya kepada orang banyak, lebih menyukai bersosialisasi dengan banyak orang dan orang yang open/terbuka pada siapa pun. seorang yang memiliki kecendrungan pada ekstrovert dapat diilustrasikan mengisi energi dari luar dirinya.

Apakah ada yang salah dari seseorang yang cendrung introvert atau cenderung ekstrovert ? Tentu tidak, seperti yang saya katakan diatas, setiap individu itu unik, tidak bisa untuk di samakan dengan yang lainnya dan tidak perlu harus menjadi orang lain, tidak perlu merubah apa yang dimiliki. Jadilah diri anda sendiri tanpa merubah apapun yang anda miliki. 

Seorang pemimpin tidak ditentukan apakah dia seorang introvert atau ekstrovert, atau contoh lain seorang yang sukses dan berhasil di kehidupan sehari-hari tidak di tentukan dia seorang introvert atau ekstrovert.

Jadi diharapkan untuk pembaca untuk tidak keliru lagi dalam membedakan ciri kepribadian kecendrungan introvert maupun kecendrungan ekstrovert. Namun, jika masih ada yang ingin ditanyakan silahkan untuk mengunjungi komentar di bawah atau klik contact me.

Terima kasih

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: